Bahan-Bahan Dan Cara Membuat Water Transfer Printing

Water transfer printing mungkin masih awam untuk anda, namun untuk pecinta modifikasi yang berhubungan dengan penampilan kendaraan bermotor, metode ini sering kali digunakan. Water transfer printing mempunyai banyak sebutan seperti water immersion printing, hydro dipping, dan juga hydro imaging. Metode ini sebenarnya merupakan salah satu cara untuk mendekorasi obyek yang rumit seperti sparepart motor yang mempunyai banyak celah-celah dan juga lengkungan yang banyak. Modifikasi warna menggunakan water transfer printing menjadikan kendaraan anda menjadi lebih enak dipandang dan mempunyai variasi warna yang indah. Ada banyak cara membuat water transfer printing.

Water transfer printing

Kelebihan Membuat Water Transfer Printing

Cara tersebut memang digunakan untuk memodifikasi warna pada kendaraan dengan cara cat, airbrush, cutting stiker hingga water transfer printing. Water transfer printing sendiri sangat cocok untuk orang yang suka tampilan yang sangat berbeda, tetapi bisa digonta-ganti sesuai mood atau keinginan. Sebelum kita bahas lebih lanjut, akan lebih baik kita berkenalan terlebih dahulu dengan cara memodifikasi dengan water transfer printing. Dengan beberapa pencelupan kita bisa mendapatkan kreasi yang sangat indah dan memuaskan. Kita juga bisa menghiasi banyak produk dengan berbagai bentuk dan dengan cara yang efisien. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat proses pencelupan agar motif pada water transfer printing seperti logo, tulisan, maupun gambar bisa terbaca dan menjadi hancur bentuknya.

Bahan-Bahan

Jika anda ingin mencoba teknik water transfer printing untuk memperindah penampilan kendaraan bermotor anda, anda perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan yang akan diperlukan dalam proses ini.

1. Water Film

Ini adalah bahan yang akan menempel pada obyek yang akan kita ganti warna atau motifnya. Bahan ini sangat sensitive jadi anda harus hati-hati agar motifnya tidak hancur dan bahan ini yang akan berada di atas air kemudian nanti baru bisa anda celupkan obyek yang anda inginkan. Harganya berapa ya.?? Menurut informasi yang saya dapat di berbagai situs internet sekitar Rp. 100.000 an.

2. Aktivator

Activator ini berbentuk cair yang fungsinya untuk melunakkan Water Film ketika water film sudah berada diatas air. Harganya berkisar antara 90 ribu sampai 150ribu /liter.

3. Lakban Kertas/Isolasi Kertas.

Lakban Kertas/Isolasi Kertas digunakan untuk membatasi antara yang ingin di modifikasi dan yang tidak. Selain itu agar film tidak menggulung saat dilakukan pencelupan obyek.

4. Bak Penampung Air

Karena water transfer printing ini menggunakan media air maka kita perlu wadah untuk air yang nantinya water filmnya diletakkan di atas air.

Setelah terpenuhi beberapa alat atau bahan, berikut cara membuat water transfer printing.

- Bersihkan bagian obyek yang akan di beri gambar, haluskan permukaan, kering dan bersih.

- Jika anda akan memberi motif yang gelap maka beri warna dasar pada obyek dengan warna cerah.

- Beri air pada bak penampung air jangan terlalu penuh.

- Letakkan water film pada permukaan air.

- Semprotkan cairan activator dipermukaan water film secara merata.

- Setelah water film terlihat menyatu dengan air celupkan obyek yang di inginkan pada bak penampungan air dengan kemiringan 35 - 45 Derajat agar motif rata mengenai obyek.

- Angkat Objek anda dan bersihkan dengan air hingga Objek anda terasa benar benar bersih atau terasa Kesat.

- Keringkan dan objek siap diberi cat pelapis atau clear.

Nah itulah beberapa cara membuat water transfer printing dengan mudah yang bisa Anda ikuti. Membuat water transfer printing memang terbilang sulit-sulit mudah karena sesuai dengan skil yang digunakan.Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk Anda.


0 komentar