Cara Transfer File dari PC ke PC Dengan Removable Drive

Jika kalian ingin memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain, ada banyak cara yang bisa kalian lakukan. Misalnya, kalian bisa memindahkannya dengan removable drive, lewat jaringan, atau menggunakan Windows Easy Share. Namun dari ketiga metode tersebut, cara transfer file dari PC ke PC yang paling umum adalah dengan removable drive. Untuk itu, kalian juga sebaiknya menggunakan cara ini.

Baca Juga : Cara Transfer File Lewat Wifi Dari Pc Ke Pc

cara transfer file dari pc ke pc

Kenapa Harus dengan Removable Drive?

Seperti kita jelaskan di atas, cara transfer file dari komputer ke komputer yang paling lazim digunakan adalah dengan menggunakan drive. Kenapa orang-orang lebih memilih cara ini? Karena cara inilah yang paling mudah, simple dan tidak ribet. Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan removable hard drive dengan mudah di toko-toko aksesoris komputer. Kapasitasnya bermacam-macam, ada yang mencapai hingga 1 TB. Untuk transfer data di bawah 64 GB, sebaiknya kalian menggunakan USB flash drive yang kecil.

Baca Juga : Cara Transfer Akun Pb Termudah Untuk Anda

Langkah-langkah Transfer File dengan Removable Drive

Transfer data menggunakan drive adalah cara termudah yang bisa kalian lakukan. Untuk melakukannya, ada beberapa langkah mudah yang harus kalian lakukan. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti petunjuk berikut di bawah ini:

1. Hubungkan Drive

Ketika perangkat removable muncul, klik 2 kali dan jendela perangkat yang kalian hubungkan akan segera muncul.

2. Cari File yang Akan Dipindah

Setelah itu, kalian silahkan mulai mencari data yang akan ditransfer dari satu komputer ke komputer lain. Jika letak file masih berantakan, sebaiknya atur dan letakkan pada satu folder khusus.

3. Pindahkan File ke Removable Drive

Cara transfer data dari komputer menuju komputer pada langkah ini adalah tarik folder berisi kumpulan file ingin kalian transfer. Tarik ke drive. Atau tarik file satu per satu ke perangkat jika file dipindahkan tidak banyak. Alternatifnya, klik kanan pada file atau folder yang ingin kalian pindah kemudian pilih “Copy” atau “Cut”. Kemudian beralih ke removable drive dan klik kanan lalu pilih “paste”.

4. Keluarkan Removable Disk

Sampai di sini, cara memindahkan data dari PC menuju PC sudah setengah jalan. Sekarang, tutup perangkat dengan cara klik kanan pada ikon nya dan pilih “Eject”. Setelah itu cabut disk tersebut.

5. Pasang Removable Disk ke PC Lain

Selanjutnya, sekarang kalian harus memasang perangkat tadi ke PC lain akan kalian gunakan untuk memindah data. Caranya seperti ketika menghubungkan dengan PC pertama tadi.

6. Pindahkan File ke PC

Sekarang, anda bisa memindahkan data data anda sudah copy tadi. Caranya sama persis dengan anda lakukan saat memindah data dari komputer ke removable disk, namun sekarang dari removable disk ke komputer. Silahkan paste ke tempat penyimpanan sudah anda siapkan di komputer tersebut.

Itulah langkah-langkah dalam cara memindahkan data dari PC menuju PC paling mudah, yaitu dengan menggunakan perangkat removable. Lama waktu dari proses pemindahan data tergantung ukuran data tersebut serta banyaknya data anda pindah. Jadi, sekarang anda tidak perlu bingung lagi jika ingin memindahkan data dari komputer ke komputer lainnya. Tinggal ikuti saja langkah di atas dan dijamin berhasil. Semoga panduan ini bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga : Cara Transfer Akun Pb Gamescool Ke Garena Untuk Mempertahankan Pangkat Akun Anda


0 komentar