Cara Transfer File Lewat Wifi Dari PC Ke PC

Ketika anda memiliki sebuah PC maka sudah tentu anda juga memiliki beberapa file di dalam PC tersebut. Dan biasanya dalam suatu kebutuhan anda diharuskan untuk melakukan transfer file pada pC yang lainnya. Biasanya mentransfer file pada PC dapat dilakukan dengan menggunakan media perantara seperti flashdisk. Namun yang menjadi kendala yaitu ketika file yang harus di transfer memiliki ukuran atau size yang sangat besar sedangkan flashdisk yang dimiliki tersebut memiliki ruang yang sangat kecil sehingga tidak dapat menampung seluruh file. Dan dalam keadaan seperti ini tentu saja masih ada solusi yang dapat anda gunakan yaitu melakukan transfer dengan menggunakan jaringan WiFi. Untuk anda yang masih bingung dan bahkan tidak tahu bagaimana caranya maka langsung saja simak ulasan dibawah ini yang akan membahas tentang cara transfer file lewat Wifi dari PC ke PC.

Baca Juga : 5 Cara Transfer File Dari Pc Ke Android Yang Mudah Dan Cepat Tanpa Bantuan Aplikasi

Cara transfer file lewat wifi dari pc ke pc

Mentransfer File Dari PC ke PC

Sebelum mentransfer file lewat Wifi dari PC ke PC maka ada beberapa alat yang harus dipersiapkan yaitu windows 7 ultimate 32 bit (server) dan windows 7 starter 32 bit (client). Kemudian juga dapat menggunakan windows 7 ultima 64 bit (server) serta windows 7 ultimate 64 bit (client). Kemudian persiapan yang diperlukan yaitu mematikan firewall kemudian menghidupkan jaringan Wifi pada kedua PC. Jika sudah maka langkah langkah yang harus dilakukan yaitu melakukan klik kanan pada login Wifi dibagian bawah monitor dan setelah itu pilih Open Network and Sharing Center.

Baca Juga : Cara Transfer Domain Dengan 5 Step Mudah Untuk Anda Coba Ikuti Sendiri

Langkah berikutnya pada cara transfer file lewat Wifi dari PC ke PC yaitu memilih set up a new connection or network lalu lanjutkan dengan memilih set up a wireless add hoc atau computer and computer network. Jika sudah maka klik next sebanyak 2 kali. Langkah selanjutnya yaitu mengisi settingan pada network yaitu berisi tentang network name, security type dan security key. Jika sudah maka network siap untuk dimanfaatkan dalam sharing file.

Dan cara transfer file dengan Wifi dari PC ke PC selanjutnya yaitu anda dapat melakukan klik kanan pada folder atau file yang akan di transfer kemudian pilih properties. Jika sudah maka pilih tab sharing dan klik share. Setelah itu pilih everyone lalu klik add dan share. Jika sudah maka file atau folder sudah di transfer. Kemudian dalam melakukan transfer file ini juga diperlukan setting terhadap ip pada PC server. Caranya yaitu dengan memilih manage wireless networks dan pilihlah nama network yang akan di sharing dan jika sudah maka klik adapter properties. Setelah itu anda dapat mengisi beberapa setting dan langsung saja klik OK.

Berikutnya adalah mengatur setting ip PC client. Caranya yaitu anda dapat melakukan klik pada logo wifi dan pilihlah nama network yang akan digunakan untuk mentransfer file dan setelah itu langsung saja klik connect. Selanjutnya klik kanan bagian nama network dan jika sudah pilih status. Selanjutnya klik properties dan mengisi settingan network lalu klik OK. Selanjutnya apabila PC ingin mencari folder yang telah di share dari PC yang satunya yaitu dengan melakukan klik logo windows dan menulis ketik lalu pilih run atau dengan menekan tombol logo windows + R pada keyboard. Jika sudah ketik IP server dengan format \\ IP server dan klik OK. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari cara transfer file lewat Wifi dari PC ke PC.

Baca Juga : Cara Membuat Water Transfer Printing




0 komentar