5 Cara Transfer File Dari Pc Ke Android Tanpa Kabel Data

Terkadang, kita butuh memindahkan sebuah file dari komputer atau laptop ke hp atau sebaliknya. Misalnya untuk tugas, file presentasi, lagu, game atau film. Apapun filenya bisa kamu transfer dengan cepat. Biasanya kamu menggunakan kabel data ketika akan melakukan proses ini. Tetapi bagaimana jika kamu tidak membawa kabel data? Berikut ini ada beberapa cara transfer file dari pc ke android tanpa kabel data. Caranya akan kami ulas berikut ini.

Baca Juga : Cara Transfer File Dari PC ke Android

cara transfer file dari pc ke android

Beberapa cara transfer file dari pc ke android tanpa kabel data

Mengirim file atau mentransfer file sangat mudah. Kamu tidak perlu repot, apalagi jika menggunakan smartphone android. Karena memang ada cara transfer file dari computer menuju android tanpa menggunakan kabel Beberapa caranya yaitu sebagai berikut:

1. Menggunakan SHAREit

Shareit dikenal sebagai aplikasi yang bisa mentransfer dokumen terbaik. Cara kerjanya mudah dan membuat hotspot wifi khusus yang akan terhubung ke perangkat pengirim ataupun penerima. Jadi mengirim file tidak akan menggunakan kuota internet.

Cara transfernya adalah buka aplikasi ini di kedua perangkat. Baik di smartphone maupun di pc atau laptop kamu. Lalu pilih document yang akan kamu transfer, bisa gambar, dokumen, video, lagu ataupun game. Lalu pilih send. Nantinya SHAREit akan mendeteksi sinyal dari SHAREit di pc atau laptop. Pilih connect pc untuk menghubungkan SHAREit di smartphone android ke SHAREit di komputer. Pilih Go.

Baca Juga : Cara Transfer File dari Android ke PC tanpa Kabel Data

Buka SHAREit di laptop, kemudian SHAREit di computer atau laptop akan menerima sinyal dari SHAREit di android. Lalu ikuti langkah selanjutnya.

2. Mengirim file menggunakan AirDroid

cara transfer data dari computer ke android tidak menggunakan kabel adalah menggunakan AirDroid. Aplikasi ini tidak saja bisa mengirim data dari android ke pc tetapi juga bisa mengakses data di smartphone android melalui pc.

Aplikasi ini melakukan transfer data menggunakan jaringan apapun. Baik itu wifi atau koneksi kabel. Tanpa menguras kuota internet kamu. Setelah menginstal AirDroid di pc atau laptop dan smartphone, buka aplikasinya dengan login akun yang sudah terdaftar. Jika sudah login di akun yang sama, maka smartphone akan terbaca di AirDroid pada komputer. Dari sinilah kamu bisa melakukan transfer.

3. Menggunakan Pushbullet

cara transfer data dari computerke android tidak menggunakan kabel salah satunya menggunakan Pushbullet. Pushbullet tidak hanya bisa mengirim, tetapi juga bisa digunakan untuk mengirim notifikasi aplikasi dan sms dari smartphone ke pc.

Menggunakan aplikasi ini mungkin lebih susah dari pada menggunakan Airdroid. Kamu memang hanya perlu instal aplikasinya dan login dengan menggunakan akun yang sama. Lalu kamu tinggal pilih icon attachment dan memilih filenya.

4. Mengirim file dengan layanan cloud (google drive, onedrive, dropbox, dll)

Kamu bisa menggunakan layanan cloud. Namun sebenarnya ini tidak diperlukan karena penerimanya adalah device terdekat yakni pc atau android sendiri. Cara ini lebih berguna apabila ingin mengirim data jarak jauh.

5. Mentransfer file tanpa aplikasi atau situs web

Jika kamu tidak ingin menginstal berbagai aplikasi untuk mentransfer, kamu bisa menggunakan email atau bluetooth. Namun email bisa menguras kuota internet kamu dan bluetooth bisa digunakan jika kamu ingin mentransfer data yang kecil. Karena jika ukurannya filenya terlalu besar, akan memakan waktu yang lama.

Baca Juga : Cara Transfer File dari PC ke Android dengan Kabel Data




0 komentar