Cara Transfer File dari PC ke Android dengan Kabel Data

PC adalah tempat terbaik untuk menyimpan file seperti foto, video, film, dan lain sebaginya.Namun kadang kalian perlu memindahkan file dari Komputer menuju android. Cara yang paling simple dan mudah adalah menggunakan kabel karena setia pengguna android biasanya memiliki kabel data.Untuk yang belum tahu caranya, silahkan simak cara transfer file dari PC ke android dengan kabel data berikut ini.

Baca Juga : 5 Cara Transfer File Dari Pc Ke Android Yang Mudah Dan Cepat Tanpa Bantuan Aplikasi

file dari pc ke androit

Transfer File dari PC ke Android untuk Komputer Windows

OS komputer yang paling umum ada 2 yaitu Windows anda Mac.Untuk komputer yang digunakan sehari-hari, biasanya menggunakan OS Windows.Untuk komputer Windows, cara pindah file dari computer ke smartphone menggunakan kabel adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Cara Transfer Lagu Dari Pc Ke iPhone Dengan Wondershare TunesGo

1. Pertama, sambungkan smartphone ke PC dengan kabel

2. Silahkan tap notifikasi “USB untuk…”

3. Kemudian silahkan pilih “Transfer File”.

4. Di PC, kalian akanmelihatjendela transfer. Di situ kalian bisa menyeret data dari smartphoneke PC atau pun sebaliknya.

5. Jika sudah, keluarkan smartphone dari PC dan cabut kabel.

Komputer Windows lebih simple dari pada Mac. Jadi, kalian bisa kirim data dengan mudah seperti cara di atas. Jika ada masalah, kalian bisa ulangi untuk menyambungkan kabelya lagi dari awal dan ikuti langkah yang sama.

Transfer File dari Komputer ke Android untuk Komputer Mac

Berbeda lagi jika kalian menggunakan komputer dengan OS Mac.Caranya sedikit berbeda tapi tetap mudah dilakukan.Untuk komputer Mac, cara pindah data dari Komputer menuju smartphone dengan kabel adalah dengan langkah berikut ini:

Baca Juga : 5 Cara Transfer File Dari Pc Ke Android Tanpa Kabel Data

1. Langkah pertama cara transfer data computer ke HP menggunakan kabel adalah dengan mendownload dan menginstall aplikasi smartphone File Transfer di PC.

2. Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut.

3. Kemudian sambungkan android ke PC dengan menggunakan kabel.

4. Setelah itu, tap notifikasi “USB untuk ….” yang ada di perangkat android kalian.

5. Langkah selanjutnya adalah pilih “Transfer File”.

6. Kemudian kalian bisa melihat jendela Android File Transfer di PC kalian.

7. Kalian bisa langsung memindah data baik di Komputer menuju android maupun sebaliknya dengan menyerat file nya.

8. Tunggu hingga proses pemindahan file benar-benar selesai.

9. Setelah semuanya selesai, silahkan cabut kabel yang digunakan.

Itulah langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk mentransfer data hp ke komputer ataupun sebaliknya.Cukup mudah, bukan?Durasi kirim data tergantung banyaknya data yang dipindah dan juga besar kapasitas data tersebut.Jadi harap bersabar jika proses pemindahan memerlukan waktu beberapa menit atau bahkan hingga lebih dari 1 jam.

Saat mentransfer data, pastikan kabel yang digunakan masih bagus dan USB port juga masih normal. Selama proses pengiriman, sebaiknya diamkan dulu android kalian dan jangan gerak-gerakkan karena bisa membuat terlepas dan transfer terhenti di tengah jalan. Selain itu, pastikan memori di android kalian cukup untuk menerima data yang akan dikirim dari Komputer menuju android. Jika memori tidak cukup, pengiriman file juga akan gagal. Yang pasti, sekarang kalian sudah tidak bingung lagi tentang cara transfer data dari PC ke android dengan kabel. Jika cara ini diperlukan, silahkan coba di perangkat kalian.

Baca Juga : Cara Transfer File Dari PC ke Android

0 komentar