Cara Transfer File Lewat Wifi Dari Pc Ke Android Menggunakan Aplikasi Shareit

Sering kita mengalami kebingungan atau repot saat ingin mengirim file dari PC ke hp adroid. Biasanya kita harus menggunakan kabel data jika ingin transfer file. Banyak yang bertanya “ada nggak sih cara transfer file lewat wifi dari pc ke android maupun sebaliknya.?”. Jawabannya “bisa”. Dengan syarat kedua perangkat sudah terinstal aplikasi SHAREit meskipun wifi tersebut tanpa koneksi internet, kita hanya perlu perangkat WiFi (Portable Hotspot) sebagai jalurnya dalam melakukan transfer file. Kita hanya perlu aplikasi SHAREit.

Baca Juga : Cara Transfer Akun Pb Termudah Untuk Anda

cara transfer file lewat wifi dari pc ke android

SHAREit merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak Lenovo dimana tidak hanya bisa dipakai di android saja di iOS, Windows Phone, maupun di perangkat Desktop Pc/Laptop. Cara mengirim file melalui wifi dari Komputer ke Android menggunakan SHAREit sendiri mempunyai kelebihan dimana anda bisa kirim file berukuran besar hingga 100 GB. Bagian yang paling di sukai oleh penggunanya adalah kecepatan transfer data lebih cepat daripada menggunakan Bluetooth. Aplikasi ini juga bisa menjadi solusi untuk berkirim file khususnya bagi kamu yang mempunyai PC/Laptop yang memang dasarnya tidak dibekali Bluetooth.

Baca Juga : 5 Cara Transfer File Dari Pc Ke Android Yang Mudah Dan Cepat Tanpa Bantuan Aplikasi

Sebelum kita menggunakan aplikasi ini, cara kirim file melalui wifi dari Komputer menuju android pertama yang harus dilakukan adalah menginstal SHAREit pada kedua perangkat. Untuk perangkat android, maka langkah perlu dilakukan adalah download SHAREit pada Google Play Store. Aplikasi tersebut secara otomatis akan terinstal pada perangkat android. Sedangkan untuk perangkat Pc ada beberapa langkah seperti berikut ini :

1. Maka kita tinggal mencarinya di internet dalam bentuk .exe kemudian download

2. Setelah mendownload biasanya file terletak pada folder download.

3. Klik 2x aplikasi SHAREit yang sudah didownload tadi.

4. Kemudian akan muncul instruksi dan anda tinggal next-next saja sampai selesai.

5. Aplikasi sudah terinstal dan siap digunakan

Setelah kedua perangkat sudah terinstal SHAREit, maka kita perlu mengikuti beberapa langkah pada perangkat PC maupun android.

Cara menggunakan aplikasi SHAREit Untuk Transfer File dari Pc ke android.

Langkah mengirim data dengan wifi dari Komputer ke android yang dilakukan pada PC

1. Jalankan SHAREit pada Laptop anda terlebih dahulu

2. Nanti otomatis SHAREit akan membuat hotspot dan Tunggu sebentar sampai hotspot selesai diciptakan (Indikator jika hotspot telah dibuat ada tulisan “Waiting to be connected”)

3. Setelah itu klik pada “Show QR Code” > Maka akan muncul QR code yang perlu di scan

Langkah yang dilakukan pada Android

1. Buka SHAREit pada Android.

2. Seperti cara-cara sebelumnya, Buka “Menu” dan Tab pada “Connect PC”

3. Yang membedakan adalah pada langkah ini ini, selanjutnya anda harus Tab Tombol “Scan to Connect” (Berada di pojok kiri bawah)

4. Maka otomatis anda akan membuka kamera, dan silahkan arahkan kamera smartphone anda ke layar laptop tepatnya ke QR code yang ada di laptop

5. Setelah kedua SHAREit terhubung maka kita bisa mengirim, Klik “File” > Pilih juga data yang ingin dikirim di Window baru yang muncul > Lalu klik “Open” untuk memulai operasi ini.

6. tunggu beberapa saat proses pengiriman sedang berlangsung. Setelah semua file selesai dikirim dan tidak ada keinginan untuk menggunakannya lagi klik “Disconnect” untuk mengakhiri sesi ini.

Itulah beberapa cara transfer file lewat wifi dari komputer ke android bisa dilakukan. Dengan kemajuan teknologi semakin meningkat sekarang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan semua pekerjaan mereka. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda.

Baca Juga : 5 Cara Transfer File Dari Pc Ke Android Tanpa Kabel Data

0 komentar