Cara Transfer Uang Lewat Indomaret atau Alfamart

Umumnya, pengiriman uang dilakukan melalui ATM, internet banking, SMS banking, ataupun lewat bank langsung. Namun kadang juga bisa lewat western union ataupun layanan lainnya. Sekarang, transfer uang bisa lebih mudah yaitu lewat Indomaret. Layanan ini berfungsi untuk kalian yang tidak memiliki ATM, yaitu si pengirim atau penerima. Misalnya, saat ada keluarga kalian yang merantau di luar pulau dan ATM hilang padahal memerlukan dana cepat, maka cara transfer uang lewat Indomaret menjadi solusi tepat.

Baca Juga : Cara Transfer Uang Lewat Hp Dengan Sms Banking Bri Ke Sesama Dan Ke Bank Lain

cara Transfer uang lewat indomart

Syarat-syarat Transfer

Jika kalian ingin melakukan pengiriman uang via Indomaret, maka kalian harus mempersiapkan beberapa persyaratan. Jangan khawatir, persyaratan yang dibutuhkan sangatlah mudah. Cara kirim uang lewat Alfamart mengharuskan kalian untuk mempersiapkan:

1. KTP sebagai kartu identitas

2. No HP aktif untuk menerima SMS kode MTCN

3. Uang akan dikirim

Setelah ketiga syarat tadi dibawa, kalian bisa segera melakukan pengiriman uang di Indomaret terdekat. Satu lagi, pengiriman uang via Indomaret ini dikenakan biaya sebesar 15 ribu rupiah. Memang biaya ini cukup besar jika dibandingkan dengan pengiriman uang via ATM. Namun kemudahan yang ditawarkan sebanding dengan biaya tersebut.

Baca Juga : Inilah Cara Transfer Mbanking Bca

Langkah-langkah Transfer

Jika kalian sudah mempersiapkan semua persyaratan yang diperlukan, maka kalian bisa segera pergi ke Indomaret terdekat. Setelah sampai di Indomaret, kalian bisa melakukan proses transfer dengan beberapa langkah mudah berikut ini:

1. Untuk cara kirim uang melalui Indomaret, kalian bisa langsung meminta bantuan kasir tersebut.

2. Kemudian, serahkan syarat-syarat diperlukan dan tunggu hingga kasir selesai melakukan input data KTP, no HP dan dana yang akan ditransfer.

3. Jangan lupa serahkan juga dana akan ditransfer beserta biaya transfer yang dibebankan.

4. Setelah itu, kasir akan segera memproses.

5. Beberapa saat kemudian, akan ada SMS masuk yang berisi kode Money Transfer Control Number (MTCN).

6. Kemudian, kirimkan MTCN tersebut ke orang yang akan kalian transferi uang.

Cara Mengambil Uang

Setelah mengetahui cara kirim dana melalui Indomaret, anda juga harus tahu cara mengambilnya. Jadi, jika anda berada di posisi yang ditransfer, maka anda tidak akan bingung lagi. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Anda bisa langsung datang ke gerai terdekat.

2. Setelah itu, anda tinggal bilang ke kasir untuk mengambil transferan dengan menunjukkan atau memberitahukan kode MTCN yang sudah dikirimi oleh si pengirim.

3. Anda juga harus menyiapkan KTP sebagai syarat untuk mengambil.

4. Tunggu kasir untuk memprosesnya hingga berhasil dan dana yang dicairkan bisa langsung segera diambil.

Itulah cara kirim dana via Indomaret dan cara mengambilnya. Cara di atas mirip dengan pengiriman dan pengambilan dana di western union. Namun karena lokasi Indomaret lebih tersebar luas dan kebanyakan buka 24 jam, maka hal ini menjadi keuntungan tersendiri. Selain itu, cara ini juga sama atau bisa digukanan di Alfamart karena baik Indomaret maupun Alfamart sama-sama sudah bekerja sama dengan Western Union. Jadi, kini anda tak perlu bingung lagi jika anda ingin mentransfer dana ke orang yang tidak memiliki kartu ATM. Semoga panduan ini bermanfaat untuk anda semua dan transaksi menjadi semakin mudah.

Baca Juga : Cara Transfer Bank Mandiri Tanpa Datang Ke Bank

0 komentar